Sosiologi dakwah : dakwah untuk perubahan sosial

| Selasa, 22 November 2016
  1. PENDAHULUAN
Semua orang menyangka  dan sepakat bahwa kehidupan sosial tidak statis dan selalu dinamis. Tetapi tidak semua orang yang mengartikan sama dalam mengartikan perubahan sosial. Perubahan sosial di anggap sebagai sebuah fenomena dan menjadi problematika sampai sekarang ini. Perubahan sosial yang dituju dalam aktivitas dakwah adalah perubahan yang terencana (planned changed). Secara garis besar dakwah Rosul mencakup berbagai aspek diantaranya Sosio Religius berupa pemantapan akidah umat dimulai dengan pembangunan masjid, Sosio Politik, Sosio Ekonomi dengan perintah zakat dan pelarangan riba serta mendorong etos kerja.
Perubahan di abad modern ini dirasa akan lebih sulit, karena perubahan dibanyak aspek, baik teknologi maupun tekstur masyarakat modern sekarang ini, maka di perlukan kematangan rencana dan metode yang sistematis. Dakwah sangat dibutuhkan dalam masa modern ini, terbukti karena manusia tidak hanya membutukan pembangunan secara jasmani namun membutuhkan asupan rohani untuk membentengi dan membangun jiwa agar tidak terjadi kebingungan dalam mengahadapi situasi dan kondisi yang semakin maju. Secara tidak sadar dakwah akan terus menghadapi perubahan sosial yang akan terus berkembang cepat.
  1. RUMUSAN MASALAH
1.      Apa prinsip dasar perubahan sosial ?
2.      Bagaimana peran dakwah bagi perubahan sosial ?
3.      Bagaimana pola perubahan sosial dari dakwah ?
4.      Bagaimana dampak perubahan sosial dari dakwah ?
  
  1. PEMBAHASAN
A.    Prinsip Dasar Perubahan Sosial
Perubahan sosial dapat dikatakan sebagai suatu perubahan dari gejala-gejala sosial yang ada di  masyarakat; dimulai dari yang bersifat individual hingga yang lebih kompleks. Perubahan sosial juga dapat dilihat dari segi gejala-gejala terganggunya kesinambungan diantara kesatuan sosial, walaupun keadaannya relatif kecil. Perubahan ini meliputi struktur, fungsi, nilai, norma, pranata, dan semua aspek yang dihasilkan dari interaksi antarmanusia, organisasi atau komunitas, termasuk perubahan dalam hal budaya.
Agar lebih memahami tentang perubahan sosial, beberapa pengertian dari sosiolog mengenai perubahan sosial :.
1)      Moore memasukkan ke dalam definisi perubahan sosial berbagai ekspresi mengenai struktur seperti norma, nilai dan fenomena kultural.
2)      William F. Ogburn, mengemukakan ruang lingkup perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan material maupun immaterial, yang ditekankan pada pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.
3)      Kingsley Davis, mengartikan perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masya­rakat. Misalnya, timbulnya pengorganisasian buruh dalam masyarakat kapitalis telah menyebabkan perubahan-perubahan dalam hubungan antara buruh dengan majikan dan seterusnya menyebabkan perubahan-perubahan dalam organisasi ekonomi dan politik.
4)      Selo Soemardjan, merumuskan perubahan sosial sebagai segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyaraka.[1]
Konsep Islam dalam perubahan sosial itu ada. Bahkan Allah pun menyuruh masyarakat untuk berubah, kalau tidak mau berubah biar Allah saja yang mengubahnya. Akan tetapi, ada beberapa jenis masyarakat muslim yang mau melakukan perubahan sosial karena mereka ingin menjadikan Islam itu agama yang fleksibel. Tapi bukan dalam hal yang prinsip. Namun ada juga masyarakat Islam yang begitu mereka melakukan perubahan sosial, prinsip-prinsip yang telah Allah gariskan telah hilang dalam perubahan mereka. Artinya Islam sudah menjadi agama kenangan. Akan tetapi ada juga masyarakat Islam yang sama sekali tidak ingin melakukan perubahan. Akhirnya mereka terjebak pada satu agama yang statik/ tidak berubah. Mereka menjadi terbelakang.[2]
B.     Peran Dakwah Bagi Perubahan Sosial
Perubahan sosial memang harus menjadi sasaran utama dari dakwah. Sebelumnya dakwah tidak bisa dilepaskan dari adanya proses komunikasi, karena dakwah, komunikasi dan perubahan sosial harus selalu sinergis satu dengan yang lainnya. Dakwah tanpa komunikasi tidak akan mampu berjalan menuju target-target yang diinginkan yaitu terciptanya perubahan masyarakat yang memiliki nilai di berbagai bidang kehidupan. Dakwah sebagai proses perubahan sosial berperan dalam upaya perubahan nilai dalam masyarakat yang sesuai dengan tujuan dakwah Islam.
Dakwah Islam (da’i) sebagai agent of change memberikan dasar filosofi “eksistensi diri” dalam dimensi individual, keluarga dan sosio-kultural sehingga muslin memiliki kesiapan untuk berinteraksi dan menafsirkan kenyataan-kenyaan yang dihadapi secara mendasar dan menyeluruh menurut agama Islam. Jadi Islam yang telah internalized menjadi paradigma untuk memberi strukttur dan makna terhadap realitas ssial dan fisik serta menjadi kerangka dasar pemecahan masalah. Oleh karena perubahan sosial menuju ke arah tertentu maka dakwah Islam berfungsi memberikan arah dan corak ideal tatanan masyarakat baru yang akan mendatang. Aktualisasi dakwah berarti upaya penataan masyarakat terus-menerus ditengah-tengah dinamika perubahan sosial sehingga tidak ada satu sudut kehidupanpun yang lepas dari perhatian dan pengharapannya. Dengan demikian dakwah Islam senantiasa harus bergumul dengan kenyataan baru yang permunculannya kadangkala sulit diperhitungkan sebelumnya.
C.     Pola Perubahan Dari Sosial Dakwah
Perubahan sosial dapat terjadi dalam segala bidang yang wujudnya dapat dibagi menjadi beberapa bentuk. Berikut ini Soekanto mengemukakan beberapa bentuk perubahan sosial, yaitu:[3]
1.      Perubahan yang terjadi secara lambat dan perubahan yang terjadi secara cepat. Apabila perubahan terjadi secara lambat, maka akan mengalami rentetan perubahan-perubahan yang saling berhubungan dalam jangka  waktu yang cukup lama,  perkembangan perubahan ini termasuk ke dalam evolusi. Perubahan secara evolusi ini dapat diamati berdasarkan batas waktu yang lalu sebagai patokan atau tahap awal sampai masa sekarang yang sedang berjalan. Sedangkan penentuan kapan perubahan itu terjadi, tergantung pada kita sendiri menentukan tahap awal atau patokan waktu tertentu. Perubahan sosial yang terjadi secara cepat mengubah dasar atau sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat, umumnya disebut revolusi. Seperti yang terjadi di Eropa yaitu revolusi industri yang menyebabkan perubahan besar-besaran dalam proses prosuksi barang-barang industri. Akibatnya mengubah sendi-sendi kehidupan. Seperti juga isi Proklamsi 17 Agustus 1945 merupakan perubahan yang mendasar mengenai pernyataan kemerdekaan Indonesia.
2.      Perubahan yang pengaruhnya kecil dan perubahan yang pengaruhnya besar. Perubahan yang pengaruhnya kecil adalah perubahan yang mempengaruhi unsur-unsur kehidupan masyarakat. Akan tetapi perubahan ini dianggap tidak memiliki arti yang pent­ing dalam struktur. Seperti perubahan mode pakaian. Perubahan yang  pengaruhnya besar adalah perubahan yang dapat mempenga­ruhi lembaga-lembaga masyarakat, misalnya perubahan jam kerja bagi pegawai negeri sipil yaitu dari jam 08.00 sampai jam 16.00 dan hari Sabtu merupakan hari libur. Perubahan membawa pengaruh terhadap pendidikan keluarga di rumah apalagi bagi suami istri yang bekerja, maka pendidikan anak diserahkan pada orang lain.
3.      Perubahan yang dikehendaki dan perubahan yang tidak dikehendaki. Perubahan yang dikehendaki merupakan perubahan yang memang telah direncanakan sebelumnya terutama oleh pihak yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan kebijaksanaan. Misalnya penerapan program Keluarga Berencana untuk membentuk keluarga kecil yang sejahtera. Selain itu, di samping menurunkan  angka pertumbuhan penduduk. Perubahan yang tidak dikehendaki umumnya beriringan dengan perubahan yang dikehendaki. Misalnya adanya pembuatan jalan baru yang melalui suatu desa maka sumber alam desa akan mudah dipasarkan ke kota, sehingga tingkat kesejahteraan penduduk desa menjadi terangkat. Tetapi lancarnya hubungan desa dengan kota menyebabkan mudahnya penduduk desa melakukan urbanisasi dan masuknya budaya kota terutama yang bersifat negatif, seperti mode yang dipaksakan, minuman  keras. VCD porno, dan keinginan penduduk desa untuk memiliki barang-barang yang besifat konsumtif bertambah besar, dll.
Perubahan sosial dapat diartikan sebagai perubahan masyarakat atau perubahan menjadi kemajuan/kemunduran masyarakat, tergan­tung keadaan masyarakat itu sendiri yang mengalami perubahan. Berdasarkan hal itu, maka perubahan sosial terbagi atas dua wujud sebagai berikut.
a.       Perubahan dalam arti kemajuan (progress) atau menguntungkan, dan
b.      Perubahan dalam arti kemunduran (regress)
      Secara garis besar, ada dua pola pengertian yang selama ini hidup dalam pemikiran dakwah, Pertama, bahwa dakwah diberi pengertian tabligh/penyiaran/penerangan agama. Kedua, bahwa dakwah diberi pengertian semua usaha untuk merealisir ajaran Islam dalam semua segi kehidupan agama.[4]
D.    Dampak Perubahan Sosial Dari Dakwah
Dampak Perubahan Sosial diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Integrasi sosial
Dalam perubahan sosial di masyarakat, perlu diikuti adanya penyesuaian baik unsur masyarakat maupun unsur baru. Hal demikian sering disebut sebagai integrasi sosial. Unsur yang saling berbeda dapat saling menyesuaikan diri. Indonesia yang terdiri dari beranekaragam suku bangsa dan budayanya, diharapkan semua unsur/ komponen bangsa dapat menyesuaikan diri. Oleh karena itu akan terciptakan integrasi sosial atau integrasi nasional Indonesia.
2.      Disintegrasi social
Disintegrasi sering diartikan sebagai proses terpecahnya suatu kesatuan menjadi bagian-bagian kecil yang trpisah satu sama lain. Sedangkan disintegrasi sosial adalah proses terpecahnya suatu kelompok sosial menjadi beberapa unit sosial yang terpisah satu sama lain. Proses ini terjadi akibat hilangnya ikatan kolektif yang mempersatukan anggota kelompok satu sama lain.
Aktualisasi sistem dakwah disertai  dengan serangkaian masalah yang kompleks. Pertama, ketika dakwah Islam diccanangkan dalam masyarakat yang belum Islam oesan Islam oleh masyarakat setempat dipandang asing. Kedua, bahwa pemilikan Islam sebagai hasil kegiatan dakwah berjalan secara lambat atau secara cepat. Ketika Islam mulai dipeluk dan kenyataan sosial baru menampakkan diri, penghayatan terhadap ajaran Islam oleh para pemeluknya mulai mendapat tantangan baru yaitu adanya keterbatasan untuk menangkap dan kemampuan memberikan kerangka terhadap kenyataan baru berdasarkan ajaran Islam yang memilki kesinambungan dengan kenyataan baru. Ketiga, ketika perubaan sosio-kultural semakn kompleks menyebabkan masalah kemanusiaan semakin meluas, dakwah Islam dihadapkan dengan keharusan memberikan jawaban yang elas menyangkut kepentingan manusia dalam berbagai segi kehidupan. [5]

  1. KESIMPULAN
Perubahan sosial dapat dikatakan sebagai suatu perubahan dari gejala-gejala sosial yang ada di masyarakat, dimulai dari yang bersifat individual hingga yang lebih kompleks. dakwah sendiri bertujuan untuk membimbing atau menyeru nasyarakat ditengah dinamika perubahan sosial sehingga tidak ada satu sudut kehidupan yang lepas dari perhatian dakwah itu sendiri.
Dengan demikian dakwah akan senantiasa bergumul menjadi satu dengan realitas yang baru. Selain pola dakwah untuk menghadapi perubahan sosial yang diartikan sebagai tablig atau penyampaian untuk merealisasikan ajaran islam pada kehidupan kita sehari-hari. Sehingga berdakwah pada persepsi penerimaan ajaran islam tentang apa yang selaras bertentangan dalam hidup, menghadapi kenyataan yang ada dengan ajaran islam yang telah dipeluk dan dakwah islam dituntut untuk memberikan jawaban yang jelas dan rinci dari segala sisi kehidupan manusia.
  1. PENUTUP
Dengan adanya makalah ini diharapkan untuk pembaca bisa menganalis dan menyelesaikan masalah yang ada dalam suatu permasalahan. Sedangkan untuk penulis sendiri mengharap bantuan dari pembaca untuk memberi kritik yang membangun. Semoga kami dapat membuat makalah yang lebih baik lagi. Karena makalah yang dibuat ini jauh dari sempurna.






[1] Lauer H. Robert. Perspektif tentang perubahan sosial. (Jakarta : PT Asdi Mahasatya.2001) hlm.23
[4] John Esposito, Islam Dan Perubahan Sosial, (Yogyakarta:Bidang Penerbit PLP2M, 1985) hlm 29
[5] Amrullah Achmad, Dakwah Dan Perubahan Sosial, (Yogyakarta: 1993) hlm.16
edit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

calender

TIME

welcome

Pages

BTemplates.com

Weekly post

© Design 1/2 a px. · 2015 · Pattern Template by Simzu · © Content Moonlight and Starlight