Public Relation : contoh rencana program

| Senin, 21 November 2016
PERENCANAAN PROGRAM
KPU KOTA SEMARANG
Rencana program :
“Pelaksanaan EXPO KPU yang diadakan untuk masyarakat umum kota Semarang”
  1. Pengenalan situasi
EXPO KPU ini direncanakan akan dilaksanakan di Alun-Alun kota Semarang dimana situasi ditempat ramai akan masyarakat, sehingga EXPO ini bisa menarik peminat. Kita tau bahwa KPU merupakan badan komisi pemilihan umum yang berperan penting dalam pemilu. Sehingga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara baik. Indonesia sendiri merupakan negara demokratis, dimana masyarakat berperan penting dalam pemerintahan termasuk dalam memberikan suara dalam setiap pemilu yang dilaksanakan. Situasi seperti ini menjadikan masyarakat perlu pengetahuan akan tata cara dalam pemilu atau hal-hal yang berkaitan pemilu. Masyarakat Indonesia sebagian masih ada yang kurang paham akan hal itu.
Masyarakat yang memiliki hak suara berhak tau mengenai pemilu ini. Masyarakat umum khususnya kota Semarang ini perlu mengetahui adanya pemilu serentak yang dilaksanakan pemerintah. Mengenai tata cara atau aturan pemilu serentak ini, dan yang pasti untuk mengetahui calon-calon pemimpin yang akan dipilihnya. Karena kita tau bahwa banyak masyarakat yang memilih  calon pemimpin itu secara asal tanpa tau kualitas atau kepribadiannya. Sehingga dengan adanya EXPO ini setidaknya masyarakat tau mengenai calon-calon pemimpin dalam pemilu ini untuk menentukan pilihan yang tepat yang sesuai dengan kriteria yang ada. Apalagi untuk pemilih pemula yang abaru pertama kali ikut serta dalam pesta msyarakat ini, tentu ini dapat membantu kesulitan dalam tata cara atau aturan dalam pemilu serentak ini

.
  1. Penetapan Tujuan
a)      Untuk memberikan pengetahuan masyarakat akan hal-hal mengenai pemilu atau KPU itu sendiri.
b)      Untuk memberikan pengetahuan tentang aturan atau tata cara pemilu serentak bagi masyarakat kota Semarang
c)      Untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya satu hak suara yang kita dapatkan.
d)     Untuk sarana komunikasi atau silaturrahmi antara KPU dengan masyarakat umum.
e)      Untuk mengenalkan calon-calon kandidat pemimpin baik itu dalam tingkat pemilu presiden, DPR,MPR, DPRD, dan lain-lain, sehingga masyarakat tau semua akan calon-calon yang dapat dipilihnya. Terutama dalam pemilu serentak ini tentu masyarakat kota Semarang harus mengenal calon pemimpin yang kiranya akan dipilih.
  1. Penetapan Khalayak
Khalayak ( public ) adalah kelompok atau orang – orang yang berkomunikasi dengan suatu organisasi, baik secara internal maupun eksternal ( Frank Jefkins,1998:80 ). Setiap organisasi memiliki sendiri khalayak khususnya. Kepada khalayak yang terbatas itulah suatu organisasi menjalin komunikasi.
            Dalam perencanaan program EXPO KPU ini setidaknya penetapan khalayak diantaranya yaitu :
a)      Masyarakat Luas
·         Primer : masyarakat semarang umum, WNI, yang sudah punya hak untuk memilih yaitu usia 17 tahun ke atas, baik itu laki-laki maupun perempuan. Karena undang-undang menetapkan bahwa WNI yang berumur 17 tahun keatas mempunyai hak untuk memilih.
·         Sekunder :warga lain tidak hanya warga yang sudah mempunyai hak untuk memilih, seperti anak SD, SMP, dll. Karena untuk pembelajaran akan pemilu atau menambah pengetahuan tentang KPU. menanamkan hal tersebut sejak dini tentu lebih baik.
b)      Media massa
  1. Pemilihan Media dan Teknik Publik Relation
·         Pameran (exhibition).
Dimana pameran ini menampilkan tentang KPU, baik waktu kegiatan secara internal maupun eksternal
·         Bahan – bahan cetakan (printed material).
Yakni berbagai macam bahan cetakan yang bersifat mendidik, informatif, dan menghibur yang disebarkan dalam berbagai bentuk guna mencapai tujuan PR.
·         Radio.
Kategori ini meliputi semua jenis radio, mulai dari yang skala lokal, nasional hingga internasional. Dalam penggunaan media radio ini, disini akan dibuat iklan tentang EXPO KPU dalam rangakaian pemilu serentak di Semarang.
·         Televisi.
Sama halnya dengan radio televisi sering digolongkan sebagai media PR. Sama halnya dengan radio dalam media televisi ini juga akan dibuatkan iklan tentang pemilu serentak dan ajakan untung datang ke EXPO KPU guna menambah pengetahuan tentang pemilu serentak.
·         Media pers (press). Media ini terdiri dari berbagai macam koran yang beredar dimasyarakat secara umum. Contohnya adalah Koran – koran gratis, majalah – majalah organisasi, buku – buku petujuk khusus, buku – buku tahunan dan laporan – laporan dari berbagai berbagai lembaga yang sengaja dipublikasikan untuk umum.


·         Audio – Visual.
Media ini terdiri dari slide dan kaset video. Disini akan ditayangkan sebuah video yang ada di layar tentang pemilu dari tahun ke tahun, mengenai aturan dan tata cara dalam memilih, dan yang pasti pengenalan calon-calon yang akan dipilih khalayak.
·         Pesan – pesan lisan (spoken word).
Penyampaian pesan PR tidak hanya dilakukan melalui media massa tapi juga bisa melalui komunikasi langsung atau tatap muka.
  1. Penyusunan Anggaran
Ø  Rapat 7 kali                                         : 7 x Rp. 1.350.000
= Rp. 9.450.000
Ø  Konsumsi peserta rapat                       : 7 x Rp. 850.000
= Rp. 5.950.000
Ø  Pengiklanan program (Radio & TV )  : Rp. 2.100.000
Ø  Banner                                                 : Rp. 120.000
Ø                        Perizinan                    : Rp. 4.200.000
Ø                        Dekorasi                     : Rp. 3.600.000
Ø  Transportasi                                         : Rp. 700.000
Ø  LCD                                                    : Rp. 1.000.000
Ø  Dokumentasi                                       : Rp. 1.200.000
Ø  Kertas cetakan (selebaran)                  : Rp. 900.000
Ø  Hiburan                                               : Rp. 2.400.000
Ø  Konsumsi (panitia), hari H                  : Rp. 2.100.000
JUMLAH                                                                                Rp. 33.720.000
  1. Evaluasi hasil
Terdapat dua macam hasil dari PR, yaitu hasil kualitatif daan hasil kuantitatif. Pada umumnya hasil-hasil dari kegiatan PR bersifat kualitatif, artinya hasil tersebut tidak bisa diukur secara statistik, melainkan diukur melalui pengalaman dan perbandingan nyata. Sedangkan hasil kuantitatif adalah suatu hasil yang bisa diukur secara statistik berdasarkan angka-angka.
Pengukuran hasil program “Pelaksanaan EXPO KPU yang diadakan untuk masyarakat umum kota Semarang”  diantaranya yaitu :
a)      Metode pengumpulan pendapat (opinion poll)
Dimana masyarakat memberikan pendapatnya mengenai Pelaksanaan EXPO KPU yang diadakan untuk masyarakat umum di kota Semarang. Bagaimana tanggapannya posituf atau negatifkah ?
b)      Banyaknya jumlah khalayak yang hadir dalam EXPO dapat diasumsikan bahwa masyarakat cukup berminat dalam penyelenggaraan program ini, termasuk banyaknya khalayak yang mengajukan pertanyaan mengenai program ini.
c)      Pengukuran ini juga dapat dilihat dengan tercapainya tujuan perencanaan program yang telah ditetapkan diawal.
Jadi evaluasi dalam program EXPO KPU ini dapat dilihat atau dinilai secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif yaitu dengan metode pengumpulan pendapat (opinion poll) atau dengan angket. Selain itu juga bisa kita tahu dengan seberapa banyak masyarakat yang datang. Metode kuantitatif ini dapat diukur atau dihitung dengan angka-angka.
Secara kulitatif sendiri dapat diketahui dengan melihat seberapa jauh pemahaman khalayak, apakah tahu banyak atau sedikit pemilu serentak ini ? yang diharapkan pemilih itu seperti apa mengenai pemilu ini. Dan yang pasti mengenai pengetahuan pemilih tentang calon pemimpinnya. Karena banyak masyarakat yang kurang tahu akan calon pemimpinnya.

Demikian cara yang dapat mengetahui evaluasi akhir dari rencana program EXPO KPU yang diadakan untuk masyarakat umum kota Semarang. Apakah rencana program ini dapat diketahui berhasil tidaknya, dapat dilihat dari cara evaluasi akhir tersebut.
edit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

calender

TIME

welcome

Pages

BTemplates.com

Weekly post

© Design 1/2 a px. · 2015 · Pattern Template by Simzu · © Content Moonlight and Starlight